2SC5200 palsu

Beberapa hari yang lalu saya membeli beberapa transistor 2SC5200 secara online. dari foto terlihat marking pada body tampak ada hfe kode, lot kode yang kelihatan meyakinkan. seller sendiri pun tidak menyatakan barangya ori atau KW, hanya menyatakan sesuai dengan foto.

Disini saya juga tidak akan menyalahkan seller karena saya sendiri juga tidak menanyakan apakah barang tersebut ori atau KW, saya hanya meyakinkan kalau barang tersebut sesuai foto, dan yang saya terima pun sesuai foto. Saya hanya berpikir mungkin dijual sedikit lebih murah karena kondisinya “Duda” tanpa pasangan 2SA1943.

berikut foto-fotonya dibawah :

1. tampak depan serasa tidak ada yg aneh

2. perasaan curiga muncul dari kondisi kaki yang kurang rapi tampak seperti sambungan

3. untuk lot code yang sama rentang hfe biasanya tidak berbeda jauh tapi ini cukup jauh

4. Palu bertindak

ZONK!…..adanya karet silikon putih dan ukuran DIE yang kecilmenunjukan kalau transistor ini palsu

ZONK!!! semua

Leave a comment