Dell Inspiron 1464 suara headphone sangat lemah

laptop ini mungkin sudah berumur, saya beli pertengahan tahun 2010

sudah lama memang suara output audio ke hedphone terasa lemah sedangkan suara speaker internal normal, awalnya saya kira permasalahannya hanya gara2 driver, tetapi berkali-kali coba install/seting driver tetap tidak bisa

kemudian saya belikan usb sound card murah, pas saya cerita kenapa saya beli usb sound card ke toko, mas nya bilang kalau dia juga punya masalah yang sama di laptopnya dan solusinya beli usb sound card

dari sini sy mulai curiga yg bermasalah di hardwarenya, coba2 googling skematik

dari skema diketahui antara internal speaker dan headphone out memiliki line yang berbeda

kecurigaan pada R258 dan R255, saya curiga R ini putus ketika beban berlebih atau short di output headphone

benar juga setelah dikurur R258 terbaca 50 an Kohm, R255 200Kohm

karena tidak punya R SMD ukuran kecil untuk semntara waktu R tersebut saya short

dan output headphone dapat berfungsi kembali

namun cara ini sangat tidak direkomendasikan karena jika terjadi short maka kemungkinan IC nya yg akan rusak

This entry was posted in Elektronik, Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

