SMPS TL494 lagi…

INGAT!!! SEGALA RESIKO MEMBACA/MENGIKUTI POSTINGAN INI ANDA TANGGUNG SENDIRI

SAYA HANYA MENCOBA BERBAGI AGAR ANDA TIDAK MENGALAMI MASALAH SEPERTI SAYA ATAU TIDAK MENGULANGI KESALAHAN SEPERTI SAYA

RANGKAIAN DISINI TIDAK DIJAMIN KEBENARAN DAN KEAMANANNYA!!!

SAYA HANYA INGIN BERBAGI, JIKA BISA BERMANFAAT ATAU ANDA BISA MEMBUATNYA LEBIH BAIK ALHAMDULILLAH

setelah sebelum sebelumnya yang saya anggap kurang berhasil

https://restovarius.wordpress.com/2012/02/27/smps-with-tl494-ir2112-irfp460-mur1560/

https://restovarius.wordpress.com/2012/06/08/smps-with-tl494-ir2112-irfp460-mur1560-part-ii/

https://restovarius.wordpress.com/2014/09/26/ir2110-dan-2112-yang-sudah-meninggal/

saya tertarik (lagi) untuk mencoba SMPS dengan IC TL494 karena Ic tersebut murah meriah dan banyak di pasaran

tapi kali ini saya mencoba menggunakan trafo seperti kebanyakan SMPS di pasaran karena IR2110 selain mahal juga banyak yang abal abal

untuk sementara hanya ini yang dapat saya posting karena masih prototytpe
apakah nantinya akan regulated/unregulated juga belum saya putuskan

sejauh ini smps sudah berjalan unregulated

gdt

smps-tl494-proto

19-05-2015

dari simulasi dual regulated output sepertinya meyakinkan, tidak terjadi pulse skipping yang bisa membuat trafo getar. test beberapa menit tadi pagi sebelum ngantor mulai menunjukkan titik terang

tl494regulated-dual

maaf skema masih di sensor

28-05-2015

dummy load

test menggunakan kawat nikelin 10 ohm untuk dummy load tegangan 45V regulated, hanya turun 0,1 volt (sekitar 200an watt)

 
02/06/2015
test load dapat 380W,tegangan turun 1,4v

This entry was posted in Elektronik, smps and tagged , . Bookmark the permalink.

8 Responses to SMPS TL494 lagi…

  1. adex muria says:

    Mas minta tutorial IT EXCELENT….sudah saya coba tapi bingung

  2. res says:

    maaf ngga punya tutorialnya

  3. indra says:

    kalau saya ingin membuat 100 watt nikelin , berapa perhitungan panjang kawatnya mas

  4. res says:

    daya P = V^2 / R
    cari nilai R nya dulu
    kemudian sesuaikan panjang nikelin sampai terukur senilai R diatas

  5. bayu says:

    tanya mas. kenapa smps kalo dibebani lampu pijar 5 watt tegangan langsung drop 30%. schematic nyontek yang tl494 ir2110.
    kesalahannya dimana ya mas?

  6. res says:

    Input smps pakai lampu/ntc?setelah smps hidup lampi/ntc harus di bypass kalau engga tegangan turun

  7. bayu says:

    dah ketemu mas penyakitnya,input langsung tanpa ntc.trus gulungan trafo dirapikan, sebelumnya gulungan kawatnya aku plintirin, cuman tes pakai psu atx mo pakai ir keburu koit dah abis 4 biji ir2110.
    ingin nyoba smps yg diatas untuk gulungan pada trafo toroidnya berapa?
    trimakasih atas responya

Leave a Reply

