LM338 palsu ( fake LM338)

update septtember 2015 :

di datasheet LM317 Texas Instrument disebutkan ada 2 macam ketebalan TAB To220 (0.46-0.61mm) dan (1.14-140mm)

di datasheet LM338 Texas Instrument hanya disebutkan 1 macam ketebalan (1.22-1.32mm)

di datasheet L7815 ST ada 2 macam ketebalan TAB TO220, TO220 Single Gauge (0.51-0.60mm) double gauge (1.23-1.32mm)

jadi makin susah membedakan asli/tidaknya hanya dengan ukuran saja karena ternyata ada beberapa varian

 

ketika sedang coba memasang LM338 yg beberapa waktu yg lalu saya beli, kok agak aneh, rasanya tipis banget bodi logam IC nya, jadi curiga kalau IC tersebut palsu

saya tidak akan mencantumkan dari mana saya membeli IC tersebut, karena mungkin penjualnya tidak tahu kalau IC tersebut palsu, tapi saya akan memberi tahu penjual tersebut. saya share ciri2 IC palsu tersebut agar pembaca bisa membedakan ketika akan membeli LM338

ciri2 seperti di foto dibawah (IC sebelah kanan palsu keduanya palsu)

1

 

2

3

4

die sizenya hanya 2mm x 2 mm, seharusnya sekitar 2,4mm x 3,1mm

dicoba test load ternyata mentok di 2,1A ngga mau naik lagi, padahal seharusnya bisa 5A

338 pengukuran_1

jadi kesimpulannya

palsu

beberapa komponen palsu atau diduga palsu bisa di cek dibawah

beberapa foto die transistor mungkin bisa untuk referensi

https://restovarius.wordpress.com/2013/04/30/cari-dan-hancurkan/

 

Update : setelah yg satunya(yg kiri) di test ternyata dua2 nya KW, sama2 mentok di 2A

18-12-2014

test IC ketiga ( semua beli dari toko yg berbeda)

fake338

awalnya saya senang pas pengukuran lewat 2,5 ampere, eh ternyata mentok di 2,9A, sama2 masih abal2 juga

catatan:

-sekitar tahun 2011 Texas Instrument sudah mengakuisisi national semiconductor, saya belum tahu apakah ic produksi baru sudah memakai logo TI atau masih memakai logo national seperti foto

-kenapa saya peduli dengan masalah kemampuan arus LM338 ini?anda bisa bayangkan alat jika LM338 ini akan saya pakai untuk current limiter untuk alat/modul seharga jutaan rupiah, apakah saya akan mengambil resiko dengan Lm338 abal2? saya jadi berpikir segini parahnya kah komponen yang beredar di indonesia. dan seandainya mouser, digikey dll buka cabang di indonesia mungkin ceritanya akan seindah negeri dongeng

-komponen KW/palsu untuk beberapa aplikasi mungkin tidak terlalu bermasalah, misalnya opamp untuk audio, paling2 suaranya lebih jelek, itupun kalau yg dengar kerasa. resistor  KW beda2 dikit toleransi ngga masalah. tapi untuk aplikasi tertentu bisa fatal misalnya untuk smps yg bermain di 3ooVDC keatas, salah satu komponen KW fail mungkin banyak komponen yang lain akan ikut almarhum

This entry was posted in Elektronik and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to LM338 palsu ( fake LM338)

  1. National tidak pernah menambahkan huruf +P pada marking.

  2. res says:

    P+ artinya product enhancement tested,keterangannya ada di datasheet LM338

  3. Nicson says:

    sama juga pada LM338K ada yang saya curigai palsu

Leave a Reply

