preamp tabung 12AU7 dengan SMPS power supply

sementara baru judul untuk postingan selanjutnya, karena pcb masih dirancang, kemungkinan minggu depan baru dicetak

13/11/2014 : sepertinya akan tertunda, belum ada respon dari pembuat pcb

16/11/2014 : done

point utama dari postingan ini sebenarnya bukan pada preamp tabungnya tapi pada DC to DC (boost) converternya, karena sebenarnya saya bukan maniak audio, preamp tabung hanya sebagai media untuk menguji secara real (selain dengan dummy load). ini juga pertama kalinya saya merakit tabung

umumnya supply high voltage ke plate tabung biasanya dari trafo khusus yang memang tegangan sekundernya tinggi, ada juga yg memakai trafo back to back misalnya 220 ke 12 terus 12 ke 220 ataupun memakai voltage doubler dengan rangkaian dioda dan kapasitor

saya cuma ingin membuktikan kalau tabung pun bisa di suplai dari dc-dc converter yang berharga murah

kenapa saya memilih unisolated boost converter karena dengan topologi ini tidak perlu repot2 buat trafo, cukup beli induktor yang ada dipasaran, saya pakai inductor 100uH 2A

1. proses pemasangan komponen, disiapin pendingin agak besar eh ternyata mosfetnya dingin, yg agak hangat cuma inductornya

1

2. Vin boost converter

in

3. Tegangan untuk heater

heater

4. tegangan HV

hv

5. preamp + supply

pre2

6. mungkin ini yang menghipnotis orang-orang

gelap

7. skema boost converter

Skema.sementara dihapus dulu,diupload lg setelah pengukuran selesai sabtu/minggu ini

catatan:

  • frekuensi switching sebesar 70kHz
  • dari hasil pengukuran dg osiloskop nilai C6 perlu dibesarkan menjadi sekitar 200uF untuk mengurangi ripple switching

todo :

  • menaikan frekuensi switching agar C output bisa dikecilkan lagi
  • test load minimal harus dapat 100mA 200V atau sekitar 20Watt

 

 

 

This entry was posted in audio, Elektronik, smps and tagged . Bookmark the permalink.

3 Responses to preamp tabung 12AU7 dengan SMPS power supply

  1. yarizz says:

    mau nanya mas, tp maaf kalau OOT dari pembahasan anda kali ini, soalnya saya newbie banget dibidang audio/sound system
    saya ada amplifier merk bmb da 1600 se, dibelakang boks nya tertulis powernya 2 x 120 watt, yang ingin saya tanyakan kalau saya mau beli speaker cocoknya speaker dengan ukuran/daya berapa yang sesuai untuk amplifier tersebut?
    terima kasih…

  2. restovarius says:

    kalau ukuran sesuai selera yg penting dayanya mampu 120W keatas

  3. JUDITH says:

    mas, bisa share skema/pdf pcb nya, saya juga pengen coba yg ini… terima kasih.

Leave a Reply

