Transfer Switch

RULES!!!:
1. bagi anda yang akan mencoba sebaikya anda sudah punya pengalaman dan paham rangkaian listrik (maaf no newbie, nyawa hanya punya 1 masing2 orang)
2. saya juga manusia, jika ada kesalahan silahkan dikoreksi
3. segala resiko jika anda mencobanya ditanggung oleh anda sendiri baik itu resiko/kerugian materiil maupun imateriil
4. rangkaian sengaja dibuat terpisah2 (jika syarat no.1 ok, kemungkinan besar anda akan paham) atau mungkin tidak detail karena :
a. rangkaian ini didapat dari experimen dengan teman2 saya, jadi meskipun saya yang menggambar, saya menghormati hak teman2 saya, karena ini merupakan ladang mencari nafkah mereka
b. pembaca akan lebih kreatif dan belajar, tidak hanya makan mentah2 rangkaian jadi
5. jika ada koreksi, pertanyaan dan saran silahkan diisi bagian komentar
6. saya tidak akan menanggapi pertanyaan/permintaan(skema/wiring dll) via email
7. untuk saat ini saya tidak menjual ataupun mengkomersilkan produk maupun jasa mengenai perakitan panel, pembuatan wiring dll
8. mohon maaf jika saya lambat dalam memoderasi/mengomentari/mengupdate karena saya sendiri punya pekerjaan tetap, jika waktu saya sedang luang maka saya nulis blog untuk berbagi pengalaman sebisa mungkin yg bisa saya bagi

next

transfer switch berfungsi untuk memindahkan load/beban dari satu source/sumber listrik ke source yang lain

misalnya untuk memindah beban dari PLN ke genset backup ketika terjadi listrik padam

transfer switch saya bedakan menjadi 2 manual dan auto

1. manual transfer switch

pemindahan beban dilakukan manual oleh manusia, bisa berbentuk handel yang harus diputar dengan tangan ataupun via tombol2 kontrol

2. automatic transfer switch

pemindahan beban dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa campur tangan manusia

contoh macam2 transfer switch :

handle…..next time

contactor…..next time

mccb…..next time

dll…..next time

This entry was posted in elektrik and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Transfer Switch

  1. murdiono says:

    bagi rekan pemula dan yang sudah tahu elektronika ,nanti anda dapat melihat skema rangkaian ats dan amf lengkap dan detail di blog saya “cara membuat ats sendiri” lihat peluncurannya dalamwaktu dekat…..gunakanlah internet untuk berbagi ilmu, untuk amal dan ibadah bukan semata untuk cari duit saja

  2. restovarius says:

    ditunggu launchingnya pak, semoga dapat lebih bermanfaat dibanding tulisan saya, karena saya terbentur point 4.a

Leave a Reply

