ampli ceper

ide awalnya kepengin buat ampli buat rumahan (meskipun pas jadi lebih mirip ampli mobil) dengan box/casing yang tipis alias ceper

syarat ke dua amplinya harus ringan jadi kalau sewaktu2 pindah lokasi kerja enak bawanya

maka jadilah kombinasi ampli full transistor dengan power suply switching

hasilnya???dilanjut lain waktu, fotonya aja dulu

akhirnya bisa edit worpress lagi, ternyata dari kemarin2 gara2 firefox 14 wordpress loading page admin nya ngga beres

setelah update firefox ke versi 17 lancar lg

skema ampli

pcb ampli bisa diambil disini

smps schema

smps pcb

mohon maaf karena masih malas untuk ngerapiin silkscreen PCB nya

power amp board (1ch)

SMPS boaard

update 28-12-2012
akhirnya bisa ngetes juga ampli sama power supplynya pakai speaker gede
kebetulan ada teman yg lagi ngerakit speaker, jadi ampli dibawa dan di test disana
mp3 player (file mp3 nya yg hi-quality 250-320kbps) –> ampli –> speaker
kalau ngga salah 1 channel pakai 2x 15inch ACR fullrange (paralel jadi 4ohm) kalau ngga salah ACR Premier+tweeter
satunya woofer ACR 12 inch. kebetulan temanku ngga buat speaker stereo yg identik. testnya outdoor
hasilnya : secara subyektif aku bilang mantap, ini ampli untuk rumahan sudah sangat kelebihan tenaga sebenarnya
yang menarik aku lihat dari sisi power supplynya (pengalaman pertama rakit PSU switching).
tenaganya besar, tegangan stabil ngga nge-drop meskipun ampli digeber abis
makin penasaran pakai PSU switching. kecil, ringan, tenaga besar. mungkin lain waktu aku mau coba versi lain

foto lain :

IMG_20121228_195456

IMG_20121228_195517

IMG_20121228_195542

IMG_20121228_195505

IMG_20121228_195554

IMG_20121228_195532

update :

R7 : 10K/2W bisa diganti 47K 0.5 watt biar ngga panas

transistor driver TIP31/TIP32 jangan ditempelkan ke heatsink transistor output (tanpa heatsink aja ngga papa) karena bisa terjadi thermal runaway, kenaikan arus driver karena panas akan dikuatkan lagi oleh transistor output (transistor outputnya sendiri juga meningkat karena panas, akhirnya heatsink makin bertambah panas terus dan transistor VBE multiplier tidak sanggup mengkompensasinya lagi. jangan ikutin foto diatas ya, aslinya sudah di tekuk kedepan ngga nempel heatsink

untuk mengatur arus bias transistor menggunakan trimpot multiturn (lihat foto)

semakin besar arus bias transistor semakin panas, dan distorsi makin kecil (sayang ngga bisa/ngga punya alat buat ngukur)
bisa dicoba2 antara 20-100mA (maaf kuping saya ngga/belum bisa bedain rasanya), kalau heatsinknya kecil jangan besar2 arus biasnya

 

08-2016

  • update skema(vi limiter dihilangkan), pcb tidak ada
  • tidak di test, tegangan suplay 56v, peak sinyal sebelum clip ~52,5V
  • rangkaian sesederhana mungkin
  • naikan nilai c2 dan c7 jika tidak stabil/osilasi
  • cara set bias (misalnya misalnya mau bias 100mA) pasang voltmeter di R 0.33 5,  atur trimer di VBE multiplier sampai voltmeter  terbaca 33mV (0,33x100mA) sambil terus dimonitor sampai benar2 stabil
  • plan berikutnya akan coba di modifikasi ke grounded collector (di postingan lain)

ceper-new

 

This entry was posted in Elektronik and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to ampli ceper

  1. Chay says:

    Ditunggu Secepatnya…Rangkaiannya Upload juga yah

  2. restovarius says:

    rangkaian sudah diupload diatas

  3. sailup says:

    mas mau tanya
    itu pake kapasitor MKP ta yang 2,2microfarad?
    kalo boleh juga minta no yang bisa dihubungi
    trim

  4. restovarius says:

    wima MKS4 2,2 uf/63V
    untuk no hp silahkan email/gtalk/ym : restovarius@gmail.com/restovarius@yahoo.com

  5. Hamas says:

    buat lilitannya berapa lilit. primer ama sekundernya ??

  6. ridwan says:

    Mas mau pesen bisa ga power suplaynya.buat power ampli 40v.protektor 15v.kipas 12 v.ct semua mas.klo bisa sms ke no saya mas (0857111xxxxx).di tunggu infonya teks

  7. restovarius says:

    maaf saya ngga jualan produk

  8. tarnuji says:

    mas saya mau minta nomer hpnya dong . mau minta bimbingan nya untuk membuat smps nya. karena kemaren aku coba buat tapi belum hidup juga

  9. restovarius says:

    via ym/gtalk aja ya, id : restovarius

  10. anistardi says:

    Ada yang mau bikin ampli saya dan me-review nya? Silakan dicoba ini: https://anistardi.wordpress.com/2014/10/14/perkutut-amplifier/

  11. restovarius says:

    thanks linknya,
    mungkin bagi pengunjung blog ini yang bisa langsung menghubungi agan anistardi yg mau di review amplinya

  12. anistardi says:

    Tidak perlu menghubungi saya, rancangan tersebut gratis.

  13. Andika Xp says:

    Maaf sebelumnya kalo pertanyaan saya agak OOT ni, saya mau nanya tapi ga tau harus di post di halaman mana. Ceritanya, kalau bikin power supply buat ngangkat 3 buah kipas 12v harus pake travo berapa ampere ya? apa contoh skemanya sudah ada di sini? Maaf, saya bukan seseorang yang mengerti dengan perangkat elektronik seperti ini. Jadi Mohon bimbingannya🙂

  14. res says:

    Biasanya di kipas ada tulisannya 12v sekian (mili)ampere,menurut hemat saya mending beli adaptor s9witching,praktis dan harganya jg murah

  15. Andika Xp says:

    oh ternyata begitu ya, makasih buat pencerahannya. saya tidak tahu adaptor bisa menjadi solusi hematnya. semula saya pikir, jika menggunakan 3 kipas (kipasnya memang belum di beli sih, rencananya make kipas yang biasa di gunakan pada amplifier rakitan) seperti itu kita butuh power suplay khusus. makasih buat pencerahnnya, akan di coba🙂

  16. res says:

    Sama2.kemungkinan sih perkipas hanya beberpa ratus mA,biasanya di toko elektronik ada jual adaptor 12V 1A/2A yg segede charger hp,atau yg 3A atau 5A segede charger laptop

  17. Andika Xp says:

    Saya mampir lagi ni mas res. Ternyata pake SMPS itu keren juga ya. Tapi benar ga, kalo kita pake SMPS harus di barengi dengan Stabilizer? Ada yang bilang SMPS ga bisa bertahan di tegangan yg ga stabil.

    Jujur saya pingin nyoba SMPS tapi saya masih ragu makanya saya masih nyari-nyari info seputar hal ini.

    Soalnya Bete juga pake travo yang bisa di bilang cukup panas. nyala setengah jam, Box PAnya udah terasa panas jika di raba. Padahal kit powernya juga pake heatsink yang besar + 3 kipas. Apalagi kalo di pake buat outdor, sejam PA nyala, listrik langsung jeglek.

    Spek,
    Travo 10A B 47vCT (BELL ori)
    Blazer ST pro 1000w

    Rencananya sih saya pengen sih ganti ke SMPS 65V CT 30A WIMOG tapi takutnya PA ga bisa nyala karena listrik dirumah cuma berdaya rendah.

    Jadi yg ingin saya tanyakan,
    1. apa benar jika pake SMPS kita harus sedia stabilizer?
    2. Jika pake SMPS 65V CT 30A WIMOG, berapa watt minimal daya PLN yang harus di sediakan?

    Jujur saya ga ngerti hal beginian, namun saya memiliki rasa penasaran yang berlebihan. Ingin tanya-tanya ke bengkel electronik di sekitar sini, sayangnya ga ada. maklum di kota saya ga ada yang make power2 rakitan. biasanya beli jadi karena harga yang murah seperti speaker aktif dll…

    Makasih sebelumnya…🙂

  18. res says:

    saya suka smps karena ringan
    1. ngga harus, smps unregulated (untuk audio kebanyakan unregulated) secara prinsip hampir sama dengan trafo biasa bedanya smps kerja di frekuensi tinggi. yang penting tahu naik turunya samapai berapa volt untuk menyesuaikan rating tegangan elko yg digunakan
    2. saya ngga bisa komentar karena selama ini hanya pakai smps buatan sendiri. kebutuhan daya dirumah tergantung kebutuhan beban yang dipakai

    biar ngga gampang jeglek pas dihidupkan SMPS harus punya soft start yang bagus

  19. el says:

    mas,maaf sy mau nanya,sy sudah buat ampli ceper sesuai dengan skema yang mas punya,.tapi kenapa ya,volume baru arah jam 10 suara bass nya pecah..maaf lo mas..cuma nanya.,siapa tau mas bisa kasih saran biar bass nya gak pecah..makasih..

  20. res says:

    ada beberapa faktor kemungkinannya
    1. supply arus kurang
    2. kemampuan powernya ngga imbang antara ampli dg speaker, amplinya yg ngga kuat/speakernya yg ngga kuat
    3. adjust bias transistor final (aku biasanya di 50an mA)

  21. el says:

    gan,udah ketemu penyebab bass pecah,.ada salah satu transistor 2n5551 yang jelek,setelah sy ganti suaranya jadi mantap..

  22. cahyo says:

    gan mau nanya kalo pakai ps smps kan itu ada keterangan untuk input ampli yg pake milar 100n harus di ganti dgn mkm504- 2,2uf untuk memblok frequensi tinggi sperti suara berderik.. nah yg saya tanya MKM 504-2,2uf apakah ada di jual

  23. res says:

    Saya ngga paham apa yg dumaksud,mungkin maksudnya mkm dg nilai 500nf-2,2uf. Dipasaran munngkin bisa coba cari 560nf,680nf, 820ng,1uf, 2,2uf dan apa harus mkm?mylar atau mkp misalnya mungkin ada

Leave a Reply

