another fake capacitor

hari ini kiriman capacitance meter dari san-eshop datang

sebagaimana kecurigaan sebelumnya kalau kapasitorku palsu, langsung deh aku bongkar lagi ampliku

aku beli dua kapasitor ini di waktu yang berbeda, kebetulan yang jualin ngambilin yang beda dan langsung aku bayar aja,

ngga nanya dulu mana yang bagus dan mana yang biasa,

yang kiri Onkyo Integra (palsu) harga 15ribu, yang kanan nichicon LK(M) harga 30ribu

yang nichicon keukur 11.460uF

aku cukup yakin kalau yang ini asli

emang sih aku cari di websitenya ngga ketemu seri LK, tapi menurut mouser (dan dia punya datasheetnya) kapasitor LK ini sudah discontinyu, belum standar RoHS, belum ramah lingkungan

mungkin karena sudah diskontinyu dan sepertinya ini bukan kapasitor yang di desain khusus untuk audio jadi harganya murah saja

si Onkyo diukur hanya dapat 4.430uF, ngga ada separonya

tulisan di body:

for HIFI

ONKYO Integra

50V

10000uF (M)

CEW (85’C) JAPAN

panjang 6cm

lebar 3,5cm kurang lebih

tampak pin bawah

setelah bungkus pertama yang warna biru tampak bungkus lagi warna hitam dengan merek Marcon 10.000uf 50V

bukngkus pertama dan kapasitor di dalamnya

tampak atas

tampak bawah

tampak atas setelah bungkus terakhir dibuka

pas lagi gergaji sudah kerasa nggergaji lubang kosong

dan………

ternyata………….. sodara..sodara….isinya 2 biji kapasitor kecil (mungkin 2200uF,aku belum bongkar lagi)

kesimpulanya kapasitor ini

karena sudah dibongkar otomatis ampli ngga bisa hidup. langsung deh cabut ke toko langganan “Edy jaya electronic” di tanjung redeb, beli kapasitor 1 biji yang nichicon LK(M) 10.000uF 50V. kapasitor baru tenaga baru

jadi pertanyaannya : apakah anda yakin kapasitor yang sekarang anda pakai asli?

yang perlu disikapi dengan bijaksana ketika ternyata anda membeli kapasitor palsu adalah anda tidak boleh serta merta langsung menyalahkan penjualnya. karena si penjual juga belum tentu tau secara detail kapasitor tersebut, biasanya mereka hanya tau mereka jual beberapa macam kapasitor dengan nilai yang sama dari harga yang murah sampai yang mahal, terserah pembeli mau memilih yang mana. yang murah ya dapat jelek, yang mahal ya dapat bagus

 

19-06-2012

update tambahin foto

ternyata yang putih-putih cuma lilin

ini nih yang bikin berat, kerikil2

2 kapasitornya pun beda

karet pantatnya beda juga

kapsitor kecilnya pun bekas juga, pin nya pendek di sambung kawat

This entry was posted in Elektronik and tagged , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to another fake capacitor

  1. Bejo says:

    Mesti hati-hati nih jika beli kapasitor
    Masih ada kapaitor lainnya yang telah di test …
    thank infonya bagus sekali

  2. leo says:

    info yg bermanfaat,,,, thanks.,.,.,

  3. Sumarhadi says:

    Terima kasih banyak atas ulasannya. Berdasarkan pengalaman di atas, saya akan menceritakan pengalaman saya seperti di bawah ini.

    Saya bau saja (04.04.2013) beli Elco 10.000uF/50Volt – merk Rubycom (bukan Rubycon) sebanyak 3 buah @ Rp.10.000,-. Setelah saya amati dengan memperhatikan ulasan di atas, saya yakin bahwa elco yang saya beli tersebut PALSU.

    ALASANNYA:

    1. Mereknya RubycoM – bukan RubycoN.
    2. Ketika saya timbang dengan benang (saya ikat elco tsb dengan
    benang pas di tengah-tengah batang elco), ternyata
    njomplang/atau berat bagian atas. Artinya, diduga bahwa
    bagian atas berisi elco kecil + kerikil sehingga berat, sedangkan
    bagian bawah kosong yang mungkin hanya berisi kabel
    sambungan ke arah terminal luar (lihat gambar ulasan di atas).

    Berdasarkan alasan tersebut, saya sudah yakin bahwa elco tsb PALSU, sehingga tidak perlu lagi mengukur/menguji dengan Capacitor Meter.

    Anjuran saya untuk teman-teman sehobi, bahwa saat akan membeli ELCO, perhatikan “mereknya” dan timbanglah dengan cara saya yang ke-2 di atas. Cara menimbangnya bisa dengan benang atau kabel kecil atau cukup dipegang dengan telunjuk dan ibu jari. Jika berat ke arah atas, maka dapat diduga elco tsb palsu. Jadi, tidak perlu pakai Cap-Meter (sebab, kebanyakan toko elektronika, jarang yang memiliki Capacitor Meter).

    Selamat mencoba.

  4. restovarius says:

    Terima kasih sudah berbagi trik dan pengalaman

  5. noname says:

    Thankyou banget…. dari dulu udah curiga banyak c jelek termasuk yang mylar, tapi sekarang terbukti, bukan jelek tapi malah palsu…

  6. Bang Utcok says:

    Wah parah sekali ya … padahal saya punya onkyo ini 2 stel / 4biji buat gantiin elco keyboard ampli sy. dan sy begitu PDnya mengatakan bassnya tambah dalam/nonjok karena elco ini …. saya yakin ini palsu, saya bongkar ajalah ….

  7. restovarius says:

    Boleh di share nanti hasil investigasinya bang

  8. Benedict says:

    mas, saya juga ijin share artikel ini ya

    terima kasih.

  9. restovarius says:

    Ok

  10. Abidin says:

    Boleh minta gambar elco nich ya asli. gambar kaki.nya

  11. res says:

    foto diatas nichicon asli

  12. Wah…bermanfaat sekali ni…makasih infonya lengkap bener… sukses selalu

  13. blues lover says:

    beautifull

Leave a Reply

