Stereo amplifier TDA7294

21-04-2012 update (tambah foto)

amplifier board bisa diambil disini (agak beda dikit)

pemasangan ampli, trafo, elco dan diode bridge

test awal memakai CT 18 volt setelah fixed yang dipakai CT 25V

tone control dipasang

image

box menggunakan box COMPO 36 watt, lubang hedphone dan 2 lubang switch ditutud dengan lem plastic steel

This entry was posted in Elektronik and tagged , . Bookmark the permalink.

21 Responses to Stereo amplifier TDA7294

  1. tedy says:

    mas saya juga punya box ampli 35 watt seperti yang diatas, tlng minta skema tone controlnya dong, saya cari yang cocok ama box gak nemu, trima kasih

  2. bambang says:

    mas, menurut pengalaman anda, TDA 7294 memerlukan arus brp ampere agar terdengar tdk cacat?. out put di stel 3/4 max, suaranya msh ckp bagus?. trims

  3. restovarius says:

    aku belum coba sampai titik maksimalnya mas, kebetulan anaku masih bayi jadi ngga bisa geber ampli kenceng2
    untuk 1 chip kalau dari datasheet sih peak nya 10A. averagenya mungkin 3A atau 5A.
    karena arus peak kan ngga kontinyu solusinya gedein kapasitas elco di power supply (ada yg berpendapat lebih baik gedein trafo daripada gedein elco) kalau aku liat dari sisi ekonomis dan dimensi aja (ngga suka ampli yg gede n berat)
    yg pernah aku coba
    1. 5A 25V CT merek BIG
    2. trafo toroid rakitan sendiri (ada di blog ini)
    3. switching power supply rakitan sendiri (ada di blog ini)
    tapi ngga pernah di test sampai maksimalnya

    cacat yang dimaksud gimana?lemah pas musiknya ngebas?(musik ajeb2 misalnya)
    1. kalau kurang arus biasanya keliatan dari led/lampu yg ada di ampli terang-redup ngikutin bass : gedein trafo dan atau capacitor
    2. kalau clipping biasanya terdengar pecah : tegangan supply kurang tinggi atau sinyal input sudah kebesaran tidak sebanding lagi dengan gain nya
    untuk no.2 kira2 gini :
    perhatikan R feedback, gain A=22K/680 = 33x (sinyal out = 33 x sinyal input)
    misalnya peak nya sinyal input 1v maka peak sinyal output = 33v
    jadi power supply harus lebih besar dari 33v misalnya pakai 35V (tepatnya aku kurang tau, ada yg 5V diatasnya atau lebih)

    menurutku (aku juga dulu gitu) ada orang yg suka over, ada yg pakai tone control+equalizer+galaxy+dll dirangkai jadi satu malah suara jadi ngga jelas (over gain) padahal umumnya input ampli berkisar 0 – ratusan mili volt sampai 1 atau 2 volt

    gitu aja mas silahkan dianalisa sendiri kira2 problemnya apa. boleh juga nanti di sharing lagi pengalamannya

  4. agus says:

    mantappp mas

  5. Benedict says:

    mas, bisa minta pdf pcb nya untuk ampli TDA 7294? kalo boleh, tolong diemailkan ke benedictussalvatore@yahoo.com.

    terima kasih🙂

  6. restovarius says:

    bisa diambil dari link diatas, tapi agak beda dari yg difoto

  7. Benedict says:

    makasih mas, saya sudah bikin amplifier ini, tapi belum saya coba. pertanyaan saya apakah ampli ini sangat bertenaga (bertenaga dlm artian tendangan bass nya). lalu tegangan & arus supplynya apakah sama dgn amplifier yg sdh mas buat skrg ? (mengingat rangkaian ampli yg di download & posting berbeda katanya)

  8. restovarius says:

    rangkaiannya sama, cuma beda letak komponen aja (layout pcb yg lama ngga ketemu)
    kalau bass nya mau lebih mantap
    ganti c input dari 0.47uf(470n) ke 2.2 uf
    ganti c feedback dari 22uf ke 47uf
    ganti c bootstrap dari 22uf ke 47uf
    fungsinya menurunkan 3dB cut-off low frek jadi lebih rendah

  9. Benedict says:

    oke mas, akan saya coba. tapi kemaren pas beli resistor, aku cari 20 K & 30K ga ada, padahal di layout harusnya segitu mas. tapi aku beli yg mendekati. 20 K aku ganti jadi 22K, terus 30K diganti sama 33 K. kalo kapasitor pake yg audiograde macem : bennic, auricap, mcap, dll, itu udah pasti meningkatkan kualitas suaranya ya mas?

  10. restovarius says:

    ngga papa,itu fungsinya ke standby sama mute.
    Aku ngga begitu percaya sama komponen audiograde (dulu memang sempat agak terpengaruh) tapi pernah aku coba bandingin pake bennic,wima,tantalum(yg katanya paling jelek) aku pasang buat input tone control ngga ngefek di kupingku
    Kalau untuk c kopling (input/output) sebaiknya memang pakai yg non polar jgn pakai elco
    Kalau yg audiograde(=mahal) seneng aja liatnya warna warni,tp kupingku blm bisa bedain

  11. Benedict says:

    kalo dipake buat speaker 10 ” gimana ya mas? apa sudah cukup bertenaga ?🙂

  12. restovarius says:

    menurutku(subjektif) sudah mantap untuk home audio, aku juga cuma pakai 8 inch
    pernah di tes pakai 15 inch jg masih oke

    beda merek speaker mungkin beda hasilnya lho (secara teknis mungkin beda respon frekuensi sama beda sensitivitas),
    bahasa kasarnya speaker murah meriah vs mahal pasti beda

  13. YUDIT says:

    Ini bukannya pcb amplifier mas yg lama ya?🙂
    https://restovarius.files.wordpress.com/2011/05/tda7294-mono2.pdf

  14. restovarius says:

    Iya ternyata,maklum ngga fokus,biasanya ngoprek2 pas lg ngga ada kerjaan.silkscreen nya jg ngga rapi(biasanya kalau pesan pcb tanpa silkscreen biar murah),yg penting bottom layernya sdh ok

  15. anang says:

    mas..sy punya box aktif speaker 8 in nganggur…kira” powernya pake tda 2050 ato tda 7294…??? trus speaker yg gmna biar suara mantap terutama u bassnya..mksh mas

  16. restovarius says:

    menurut aku (subyektif) buat rumahan sebaiknya daya di kisaran 50-100 sudah mantap, soalnya speaker yg beredar di pasaran umumnya sensitivitasnya rendah (lihat di post sensitivitas speaker)
    jadi lebih baik 7294 sekalian, praktisnya 50-65 watt dg tegangan +/-35v bisa dapat (100W di datasheet terlalu banyak syaratnya)
    ganti C input jadi 2,2uF, c feedback 47uF biar bass nya lebih kerasa

  17. pulung says:

    box amplifiernya harganya brp?

  18. restovarius says:

    aku terakhir beli kena 38ribu

  19. pulung says:

    kalo amplifiernya nggak dikasih fan gmn?

  20. restovarius says:

    Ngga papa asal heatsinknya ngga kekecilan

Leave a Reply

