Modem HP via bluetooth di PCLinuxOS

bersambung dari serangkaian cerita tentang blutut

hari ini aku penasaran pengin nyoba “blutut internalku” di linux (PCLinuxOS tentunya)

dari dulu setting blutut nggak pernah berhasil soalnya

eh setelah coba2 lagi ternyata sukses.

Gini ceritanya

pertama install dulu paket2 yang dibutuhin

aku sendiri kurang pasti paket apa aja yg aku install

yang jelas aku install

  • paket kdebluetooth plus dependensinya

  • bluez plus dependensinya (otomatis keinstall pas install kdebluetooth)

installnya pake synaptic aja biar dependensinya langsung ke install

itu aja……………..?

ini nih yang awalnya bikin pusing. Biar blututnya jalan ternyata dbusnya perlu di update.

Pake aja synaptic buat upgrade ke dbus yg baru, punyaku pake 1.1.2-2pclos2007

  • Install/upgrade dbus plus dependensinya

catatan tambahan : aku pake kernel 2.6.26.6.tex2

kalo udah restart PCLOS/minime, insya alloh sekarang blututnya udah jalan, klik kiri aja ikon blutut di system tray pojok kanan bawah bwt searching HP

icon1

nanti muncul konqueror yg nampilin bluetooth yang aktif disekitar

konq

kalo mau browsing isi memory phone atau memory card masuk aja ke OBEX file transfer

obex


trus jadiin modemnya gimana?

Buka PCLinuxOS Control Center (PCC) atau lewat icon Netstat di system tray pilih configure network

masuk ke Network & Internet, Setup New Network Interface

pcc

Pilih Bluetooth Dial Up Networking, next

dun

PCC akan nyari bluetooth device (HP) dan nampilin yang terdeteksi, (barakatak nama HPku). Next

hp

Providernya pilih Unlisted-Edit manually

provider

Access point name : indosatgprs

account login : indosat

password : indosat

soalnya kartuku mentari men (untuk operator lain menyesuaikan)

apn

Centang Allow user to manage the connection, Next

allow

Do you want to start the connection now? Yes

Next

kalo belum pernah pairing sama Hpnya akan minta passkey

passkey HP harus sama dengan di Laptop/PC. contoh :1234

passkey

connected

connected

Selesai…

ni langsung dipake bwt bikin blog

blog2

tanpa command line yang biasanya bikin orang alergi

update 2 juli 2009 :

untuk PCLinuxOS 2009.1 perlu upgrade libblueznya ke yg baru, install bluez-utils plus dependensinya, install ppp, lewat synaptic aja biar install dependensinya gampang

jika anda dual boot PCLinuxOS+windows dan HPnya digunakan di windos buat modem juga, biasanya setelah dipakai di windows kemudian digunakan di linux tidak mau konek.

cara mengatasinya klik kanan ikon Kdebluetooth pilih configuration->paired device. remove HP yang sudah terdaftar disitu.

setelah itu coba buat koneksi lagi lewat PCLinuxOS control center/klik kanan icon netstat di system tray

This entry was posted in Komputer, Linux, mobile phones. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s