akses gmail lewat thunderbird biar mirip orang kantoran…

males nih kalo mau buka2 email (email gratisan) harus buka web, login, dsb, kelamaan…..

apalagi kalo anda seorang pengusaha yang mempunyai sebuah CV atau perusahaan kecil2an, anda sering berkirim email dengan relasi/perusahaan lain.

Jika menggunakan email gratisan cukup repot, membuat email server sendiri masih berat di biaya, dukungan teknis…..dsb

ada nggak email gratisan tapi ngaksesnya semudah pake outlook??

yup!!! gmail jawabannya.

gmail menyediakan akses POP (juga IMAP) buat ngakses imel. trus mail clientnya sendiri bisa pake outlook, thunderbird

kebetulan nih aku baru nyoba Thunderbird 3 beta1 buat akses gmail.

berikut langkah2nya :

  • pas pertama dijalanin muncul seperti ini

11

kalo aku sih pilih don’t import soalnya emang nggak ada yg mau di import.

  • Next

21

pilih Gmail POP aja, soalnya yang udah ke enable secara default POPnya gmail. kalo mau pake IMAP login dulu ke gmail, trus enable IMAPnya di setting gmail

  • Next

32

masukin nama trus

masukin alamat email

  • Next41

Setingan selesai Finish

  • pas pertama dijalanin muncul pilihan gini

51

terserah mau di default atau enggak. OK

  • buat ngecek/ngambil email yang masuk klik icon get mail di pojok kiri atas
  • masukan password, biar nggak masukin password tiap kali ngecek email centang aja “use password manager….”
  • OK

61

  • eh ada email masuk nih…

81

tested on Win XP Home using Mentari Indosatgprs

Kok aku nyoba nggak mau ya???

  • kalo anda make dikantor yang pake proxy cek setingan network di thunderbird, sesuaikan proxynya. kalo pake dial up, GPRS, dsb biasanya langsung OK
  • cek setingan gmail, login ke gmail lewat web browser cek setingan POP/IMAP udah enable ato belum
  • kok tetap nggak mau ya?jangan2 port bwt ngakses POP/IMAP di blok sama admin jaringan anda (di kantorku jg gitu)
This entry was posted in Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s